Seragam Sekolah Thailand

Seragam Sekolah Thailand

 

Seragam Dapat Membedakan Tingkatan


Tentunya kita semua telah mengetahui bahwa seragam pada tiap-tiap tingkatan pendidikan berbeda. Mulai dari sekolah dasar hingga Sekolah menengah atas memiliki berbagaimacam corak dan bentuk seragam yang berbeda-beda. Dari sini kita dapat mengetahui bahwa fungsi utama seragam adalah untuk membedakan tingkatan pendidikan.

Kita Dapat melihat dari seragam yang dikenakan mereka, lalu kita bisa mengenali tingkatan pendidikan dari anak tersebut. 

Meningkat Rasa Persatuan


Memakai seragam sekolah yang sama itu akan lebih membuat rasa persatuan antar siswanya. Inilah yang menjadi salah satu fungsi positif dari pakaian seragam itu sendiri. Mengenakan pakaian yang sama akan membuat antar siswa menjadi memiliki ikatan sekalipun berasal dari sekolah yang berbeda. 

Meningkatkan Kedisiplinan


Dapat juga digunakan sebagai media untuk menguji kedisiplinan siswa selama bersekolah. Mari kita lihat para siswa yang disiplin akan selalu mengenakan seragam yang lengkap dan rapi. Tidak hanya baju dan celana, ya.. tetapi juga topi, dasi, badge, juga tidak kalah pentingnya kaus kaki dan sepatu.

Pemakaian seragam juga dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui tingkat kedisiplinan seorang siswa. Akan terlihat bagi siswa yang tidak disiplin biasanya sering tidak menggunakan seragam secara lengkap. Nah, sering kita jumpai salah satu hal yang biasanya diabaikan siswa adalah pemakaian dasi sekolah.

Menghindarkan Kesenjangan


Menghindari kesenjangan menjadi alasan memakai seragam sekolah berikutnya. Memakai seragam sekolah yang sama dinatara mereka membuat para siswa satu dan lainnya menjadi sama, sama sama siswa. Yang paling terlihat adalah tidak adanya siswa yang terlihat mencolok karena memang semuanya berpakaian sama.

Semua bercampur baur dalam balutan seragam yang sama tidak ada yang membedakan sama sekali, walaupun mereka dari strata sosial yang berbeda-beda. Hal ini menjadikan para siswa yang kurang mampu dalam hal materi tidak merasa minder dengan mereka yang berasal dari keluarga kaya.

Negara-negara yang Mewajibkan Siswa Memakai Seragam Sekolah


Tidak hanya Indonesia loh, banyak negara di dunia juga menerapkan aturan untuk memakai seragam sekolah. Beberapa diantaranya seperti kita tahu bahwa juga merupakan negara maju seperti korea dan jepang. Negara-negara maju itu juga mememewajibkan siswanda untuk memakai seragam ketika belajar di sekulah. Namun kebanyakan negara-negara di asia mewajibkan siswanya  memakai seragam.

Untuk negara-negara di eropa seperti kita tahu mereka cenderung membebaskan siswanya dalam hal seragam. Hampir semua negara telah memiliki kualitas pendidikan yang bagus dan diakui dunia (dalam hal ini Eropa), contohnya adalah finlandia, disebut sebagae negara dengan sistem pendiddikan terbaik di dunia. Disana siswanya tidak wajib untuk mengenakani seragam sekolah, jadi mereka para siswanya bisa pakai sarung, kopyah, blangkong, bahkan memakai konde (hahahaa... demi kontent non njiplak artikel di edit sedemikian rupa, ampun dah).
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url